2/5/17

Cara Mencegah Dan Mengatasi Android Yang Lemot

Cara mencegah dan mengatasi android yang lemot


Tidak diragukan lagi bahwa dizaman yang modern ini Android kini menjadi sebuah produk yang sangat diminati bagi masyarakat. Dengan kecanggihannya android dapat membantu masyarakat dalam kehidupan sehari hari. Banyak label merek pun yang memproduksi sebuah smartphone yang berbasis sistem operasi android.

Seiring berjalannya dengan waktu sebuah smartphone yang berbasis android lama pemakaian dapat membuat smartphonenya sendiri menjadi lemot atau lelet dan juga tergantung bagaimana sang pengguna memakainya. Namun sebagian besar kasus lemotnya smartphone disebabkan oleh sang pengguna , dimulai dari terlalu banyaknya data sehingga membuat kapasitas memori menjadi sempit. Bahkan smartphone barupun dapat menyebabkan masalah yang sama jika sang pengguna tidak merawatnya.

Sekarang banyak sekali aplikasi android di Playstore yang membantu kalian untuk meningkatkan kinerja android tetapi kebanyakan aplikasi tersebut bekerja dalam waktu singkat saja , seperti kita menggunakan aplikasi , setelah digunakan smartphone kita menjadi tidak lemot namun dalam beberapa waktu kemuadian smartphone kita menjadi lemot kembali.

BACA : 7 Hal Penyebab Android Kalian Cepat Panas

Apa yang harus dilakukan ketika android lemot ?

Yang harus kalian lakukan yaitu mencegah bagaimana caranya agar smartphone kalian tidak lemot kembali. Jadi kita tidak harus bergantung pada kegunaan aplikasi. Dibawah ini saya sudah menuliskan beberapa cara mengatasi dan mencegah android lemot agar normal kembali.

Hindari Aplikasi Yang Tidak Penting

Kebanyakan pengguna android memiliki sebuah aplikasi yang sangat banyak pada smartphone androidnya , tetapi dari banyaknya aplikasi hanya beberapa aplikasi saja yang penting dan sering digunakan dan sisanya hanyalah aplikasi pajangan. Hal ini sebenarnya sangat tidak baik bagi kenerja smartphone , dengan banyaknya aplikasi kapasitas memori eksternal mapun internal akan berkurang sehingga sangat berpengaruh terhadap kecepatan smartphone. Jadi lebih baik jika kalian tidak terlalu membutuhkan aplikasi yang ada kalian harus menghapus aplikasi tersebut.

Hindari Pemakaian Yang Berlebihan

Dalam kasus ini sekarang banyak sekali orang yang tidak berhenti henti dalam memakai smartphonenya bahkan dalam keadaan di charge pun masih saja smartphone tersebut dimainkan. Lama kelamaan jika kita terus menggeberkan penggunaan smarphone kita , itu akan membuat mesin dalamnya cepat panas. Jika kalian memakai smarphone kalian secara terus menerus dan dalam kedaan panaspun tetap dimainkan , mungkin saja dalam kurun waktu 1 sampai 3 bulan pun kinerjanya akan menurun. Pemakaian yang berlebihan tersebut biasanya terjadi pada pengguna yang senang bermain games dan juga yang aktif di sosial media sampai samapi tidak mau ketinggalan update. Jadi jika kalian pecinta gamers ataupun sosial media kalian harus menjaga smartphone kalian. Jika sudah lemot kalian pasti akan merasakan kesal saat bermain game ataupun berselancar di sosial media.

Tetap Update 

Maksud tetap update disini adalah jika kalian mempunyai  smartphone yang memiliki fitur OTA update atau update firmware sebaiknya kalian mengupdate smartphone kalian. Fungsi dari update disini adalah vendor smartphone kalian memperbaiki adanya bug pada system android kalian sehingga hal tersebut dapat mengoptimalkan kinerja smartphone android kalian. Salah satu smartphone yang memiliki fitur OTA update disini yaitu smartphone High-entry seperti Xiaomi namun dengan sering majunya teknologi sekarang banyak smartphone   Low-entry pun memilki fitur OTA update.

Gunakan Aplikasi Pengoptimalan Yang Terpercaya

Banyak aplikasi di Playstore yang dapat membantu kalian dalam mencegah penyakit tersebut namun tidak semua aplikasi berjalan dengan sempurna bahkan aplikasi pengoptimal android itulah yang membuat android kita menjadi lelet. Aplikasi seperti pembersih RAM dll. sebenranya dapat membantu dalam kinerja cepatnya samrtphone android kita tapi ada juga malah aplikasi tersebut tidak bekerja semestinya. Jadi saran saya gunakanlah aplikasi pengoptimalan yang ringan,bekerja semestinya, dan terpercaya.

Gunakan Antivirus

Jika sudah terlanjur itu bisa saja terjadi karna smartphone kita terjangkit dengan sebuah virus . Sang virus tersebut masuk kedalam smartphone kita dan secara perlahan lahan membuat kinerja android kita menjadi lamban. Dalam konteks ini kalian harus lebih hati hati , biasanya virus dapat masuk pada smartphone kita melalui sebuah website ataupun file yang kita download dari internet dan juga iklan iklan yang menuju pada webiste yang mengandung virus.

Kurangi Penggunaan Fitur Launcher

- Animasi dan Transisi
Jika kita menggunakan sebuah launcher eksternal pasti banyak sekali fitur efek transisi dan animasi ketika kita menggeser ataupun scroll pada smartphone android kita. Nah disini kalian harus lebih pintar lagi dalam memilih efek tersebut. Gunakan saja efek animasi dan transisi yang simple dan ringan atau bila perlu gunakan efek bawaan.
- Widget Launcher
Hal ini juga berpengaruh dalam penggunaan widget pada launcher kalian . Jika terlalu banyak widget yang kalian pasang justru bertambah juga aplikasi aplikasi yang ada dan aplikasi aplikasi tersebut juga siapa tau memakan sebuah memori yang besar seperti widget weather. Saran saya gunakan saja widget secukupnya.

Restart Smartphone atau Factory Reset

Cara yang terakhir kalian harus mencoba restart smarphone kalian atau jika lemotnya sudah parah kalian bisa melakukan factory reset sehingga semua data data yang ada kembali seperti saat kalian pertama kali membeli smartphone. Jika sudah melakukan restart atau factory reset kalian harus mencoba semua saran saya diatas agar smartphone android kalian normal kembali.

Kesimpulan 

Cara diatas sangat mudah sekali untuk dilakukan jika kalian benar benar ingin menghilangkan penyakit lemot pada android kalian. Semua bisa kalian lakukan secara bertahap agar android kalian bebas dari kata lelet.

15 komentar

Terlalu banyak widget di home dapat memperlambat handphone....kadang aplikasi pengoptimal membuat handphone tambah lemot

banyak hal yang bisa membuat hp lemot, thanks infonya gan

wah selama ini saya salah berarti makasih infonya bro !

hmm anroid juga harus dikasih antivirus ya gan , kalau saya coba menonaktifkan beberapa aplikasi penting malah sering muncul popup this service has stop working

yapp.. seperti itulah android gan

Antivirus yang bagus apa ya?

android ane sih lancar gan :) thanks infonya btw hhe

rekomendasi bsa pakai AVG :-bd

Makasih sharing artikelnya tentang cara mncegah dan mengatasi android yang lemot min.

Sangat bermanfaat.

boleh dicoba caranya nih gan

Gan ane mau tnya Emang kalo aplikasi pengoptimal memori seperti clean master itu membuat ringan atau memperberat hp?
Btw thanks infonya bermanfaat banget

iya gan soalnya aplikasi semacam itu selalu berjalan terus di background + pemakaian memorinya juga besar

Kaidah Berkomentar :
1. Gunakan bahasa yang sopan
2. Berkomentar sesuai topik
3. Hubungi author jika ingin menaruh link aktif
4. Dilarang melakukan spam
5. Dilarang berkomentar yang mengandung unsur dewasa,sara,judi